CERITA KAMPUNG LIO DEPOK

CERITA KAMPUNG LIO DEPOK


Kampung Lio merupakan nama sebuah kampung lama yang terletak di Kelurahan Depok bagian dari Kecamatan Pancoran Mas. kampung Lio diapit Kantor Pemerintah Kota Depok dan Situ Rawa Besar. Menurut cerita penduduk asli bahwa kampung Lio dahulunya merupakan tempat beradanya industri gerabah yang pekerjanya berasal dari etnis Sunda, Jawa dan Betawi.


Jika menurut Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein, kampung Lio merupakan kampung pengrajin gerabah atau mengolah tanah menjadi perkakas rumah tangga adalah atas ajaran Cornelis Chastelein yang merupakan penguasa Depok dan mantan pejabat VOC.

Dahulu di sekitar Setu rawa besar terdapat pabrik bata merah yang di bangun sekitar tahun 1900an. Sedangkan untuk industri rumah tangga sewrti kerajinan tanah sudah di mulai sejak 1800an. Area sekitar Setu Rawa Besar dipilih karena kualitas tanah liatnya yang bagus. Industri kerajinan tanah liat di kampung Lio meredup sekitar tahun 1960an.

Versi lain dari cerita kampung Lio adalah datangnya para pendatang dari luar depok yang mengajarkan cara membuat kerajinan dari tanah seperti bata , genteng, serta perlengkapan rumah tangga, kerajinan kampung Lio Depok cukup di kenal karena kualitas nya yang baik, sehingga di sukai banyak orang luar Depok bahkan sampai di jual ke Jakarta atau Batavia.

Karena perkembangan penduduk yang semakin padat, keberadaan rumah Lio pun tergusur dan hilang oleh bangunan lainnya. Dan kini hanya menyisakan sebuah nama kampung tanpa ada lagi aktifitas yang dahulu merupakan cikal bakal dari nama kampung Lio tersebut.
loading...

Artikel Terkait

CERITA KAMPUNG LIO DEPOK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email