Sejarah Asal-Usul Cilodong Depok

Sejarah Tjilodong / Cilodong Depok.

Cilodong ada kecamatan baru di kota Depok, kecamatan ini terdiri dari lima kelurahan, yaitu : Kalibaru, Sukamaju, Kalimulya, Cilodong, Jatimulya. kecamatan Cilodong terbentuk pada tahun 2007. Kecamatan Cilodong berasal dari pemekaran kecamatan Sukmajaya.

Asal usul nama cilodong
Nama Land Tjilodong sudah menjadi nama besar di masa lampau. Nama Land Tjilodong paling tidak sudah muncul ke publik pada tahun 1820 (lihat Bataviasche courant, 11-03-1820). Pemerintah di Buitebzorg telah memetakan Land Tjilodong dan menawarkan kepada publik dengan pajak (NJOP) sebesar f43.319. Yang membeli lahan tersebut adalah Scipio Isebrandus Helvetius van Riemsdijk, anak kesepuluh dari Willem Vincent Helvetius Riemsdijk, orang terkenal pemilik Land Tjiampea.


Bataviasche courant, 11-03-1820).

Scipio Isebrandus Helvetius van Riemsdijk adalah seorang Indo (lahir di Hindia Timur, kini Indonesia) pada tahun 1785 di Batavia. Pada tahun 1805-1811 Scipio adalah pejabat tinggi di Pemerintah Hindia Belanda yang baru dibentuk di era Daendels.

Dengan jabatan tinggi dan anak seorang kaya raya Scipio mampu membeli lahan Land Tjilodong yang ditawarkan pemerintah ke publik tahun 1820. Namun Scipio Isebrandus Helvetius van Riemsdijk tidak lama kemudian dikabarkan meninggal dunia tanggal 11 Januari 1827.

Keluarga Riemsdijk termasuk satu diantara tujuh keluarga Indo yang terbilang sukses di awal Pemerintah Hindia Belanda sebagaimana ditulis PC Bloys van Treslong Prins dengan judul De Indo Europeesche Families yang dimuat dalam surat kabar Bataviaasch nieuwsblad, 26-08-1933. Scipio Isebrandus Helvetius van Riemsdijk meninggalkan seorang istri dan tujuh orang anak.
Sumber : poestahadepok.blogspot.com


kilik : Perumahan Murah Cilodong
loading...

Artikel Terkait

Sejarah Asal-Usul Cilodong Depok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email