Sejarah Asal Usul Ratu Jaya Depok

Sejarah Asal Usul Ratu Jaya Depok


Ada suatu masa di mana terjadi perang antara Padjajaran dengan Banten dan Cirebon, bala tentara Padjajaran membangun sebuah Padepokan dengan maksud untuk melatih calon prajuritnya agar dapat mempertahankan Padjajaran. Menurut sejarawan Padepokan ini berlokasi di pinggir sungai ciliwung. Letaknya di antara pusat Padjajaran dengan Sunda Kelapa dan bisa di simpulkan padepokan ini berada di Depok, tepatnya di Daerah bernama Ratu jaya .


Di Ratujaya ada beberapa makam Keramat kuno seperti, di antaranya Raden Sajam, Putri Ningrumsari dari kerajaan Mataram. Ratu Kiranawati seorang istri Adipati Tanjung jaya( tanjung barat)juga di makamkan di daerah Ratu Jaya, di perkirakan Ratu Kiranawati wafat tahun 1579.

Karena banyak terdapat makam ratu menjadikan daerah ini dikenal sebagai ratu jaya, makam itu kini Letaknya tidak jauh dari Kantor Kelurahan Ratujaya. Kini kampung Ratu Jaya menjadi sebuah nama Kelurahan di kecamatan Cipayung, kota Depok.

Mengapa hal ini bisa terjadi di karenakan Wilayah Depok sejak ratusan Tahun yang lampau merupakan Daerah perlintasan para Raja baik Kerajaan Mataram maupun Prabu Siliwangi yang akan berkunjung ke Banten maupun ke Sunda kelapa atau Jakarta.
loading...

Artikel Terkait

Sejarah Asal Usul Ratu Jaya Depok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email