PRESIDEN DEPOK

Depok Dan Presiden Tempo Doeloe

Depok merupakan daerah otonom yang di akui pada zaman kolonial, ini di tandai dengan adanya sisitem pemerintahan sendiri yang berlaku di kota depok, sistem pemerintahan tersebut lengkap dengan dengan jabatan seorang pemimpin yang juga di sebut presiden Depok dengan para menterinya.

Pemerintaha Kota depok dahulu bernama Het Gemeente Bestuur van Het Particuliere Land Depok. yang menjadi presidennya dipilih secara demokratis. Pusat pemerintahannya terletak di titik Kilometer 0 yang ditandai dengan Tugu Depok. Sejengkal dari situ berdiri sebuah gedung yang dahulu difungsikan sebagai kantor pemerintahan, kini digunakan sebagai Rumah Sakit Harapan.


Yang menjabat sebagai presiden pertamanya adalah Gerrit Jonathans, yang menjabat mulai tahun 1913. lalu Presiden berikutnya tercatat ada tiga tetapi tidak ada catatan terperinci mengenai masing-masing presiden keberapa, antara lain Martinus Laurens, menjabat tahun 1921, Leonardus Leander menjabat tahun 1930, dan terakhir Johannes Matijs Jonathans, menjabat tahun1952.

Berdasarkan data Yayasan Cornelis Castelein (YLCC), konsep tatanan organisasi pemerintahan desa yang bercorak republik (Gemeente Bestuur) itu, disusun pada tahun 1871 oleh seorang pengacara Batavia, RH Kleijn. Konsep itu baru aktif dijalankan pada 14 Januari 1913.

Menurut akta penyerahan tanah partikulir tahun 1952, Johannes Matijs Jonathans tercatat sebagai presiden terakhir. presiden terakhir itu tidak di bantu oleh seorang wakil presiden, jadi depok merupakan tempat dengan sisitem pemerintahan yang cukup moderen dan demokratis dan lebih tua dari Republik Indonesia.

sumber : godepok.com
loading...

Artikel Terkait

PRESIDEN DEPOK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email