CAGAR BUDAYA JALAN PEMUDA

JALAN PEMUDA SEBAGAI CAGAR BUDAYA DEPOK

Salah satu tempat di kota depok yang banyak terdapat bangunan tua dan bersejarah tentang depok tempo doeloe adalah jalan pemuda Depok. Jalan pemuda pada zaman kolonial bernama jalan kerkweg, dan di di ubah setelah tahun 1950 saat kemerdekaan sudah di akui penuh oleh Belanda di kota depok.

Rumah dan bangunan bersejarah peninggalan penjajahan Belanda di Jalan Pemuda di antaranya Istana Presiden Depok yang sekarang menjadi Rumah Sakit Harapan, Tugu Peringatan Cornelis Chastelein, Gedung Pertemuan Eben Haezer, gedung sekolah yang kini jadi gedung SDN Pancoran Mas 2, Gereja GPIB Immanuel, Gedung Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC), dan Tugu Peringatan Cornelis Chastelein.


Koordinator Bidang Aset Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (LCC) Ferdy Jonathans menyambut baik dengan ditetapkannya Jalan Pemuda menjadi cagar budaya kawasan kota tua. LCC sudah lama berinisiatif melestarikannya. "Peran pemerintah sangat besar dan perlu menjaga peninggalan sejarah Kota Depok yang selama ini terkesan dilupakan. Kami apresiasi dan berharap juga dilakukan di kawasan lain yang banyak terdapat peninggalan sejarah Hindia Belanda di Kota Depok.

Dengan adanya cagar budaya di kota depok menjadi saksi sejarah yang dapat menjadi referensi bagi generasi muda untuk lebih mengetahui sejarah kota depok tempo doeloe, dan tidak hanya berguna bagi keturunan marga Chastelein tapi juga bagi warga depok pada umumnya.
loading...

Artikel Terkait

CAGAR BUDAYA JALAN PEMUDA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email