Cimanggis Dahulu Dan Sekarang

Cimanggis Dari Masa ke masa

Cimanggis adalah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Jakarta timur, sebelum masuk wilayah kota Depok, dahulu Cimanggis bagian dari kabupaten Bogor, propinsi Jawa Barat.

Dahulu sekitar tahun 80an, Cimanggis adalah  kawasan pertanian / perkebunan dan kawasan industri yang banyak berada di pinggir jalan raya Bogor sampai ke kota Cibinong. Semenjak di syahkan undang-undang penanaman modal asing di awal orde baru, banyak industri asing yang membuka pabrik di daerah Cimanggis  dari industri berat dan logam , kimia, susu sampai tekstil berjamuran di daerah Cimanggis, masa itu adalah masa jayanya Cimanggis sehingga banyaknya kaum urban dari Jawa bagian tengah dan timur berpindah di Cimanggis. Sehingga penduduk Cimanggis pun mulai bertambah padat. Tetapi di pedalaman Cimanggis masih ada lahan pertanian dan kebun karet yang produktif.

Pertengahan sembilan puluhan dan akhir, industri mulai lesu, banyak pabrik asing yang tutup dan relokasi ke Cikarang dan Bekasi. Hanya mungkin industri garmen atau tekstil yang masih ada dan eksis sampai tahun 2000an. Di tahun 2000an pula mulai banyak lahan pertanian yang berubah fungsi jadi perumahan baru, untuk menampung ledakan penduduk dari ibu kota Jakarta, hampir semua lahan kosong jadi incaran developer perumahan. Penduduk baru tersebut membuat Cimanggis menjadi sangat padat dan harus di mekarkan.


Setu rawa kalong dan pemancar RRi

Saat ini Cimanggis semakin berkembang, terutama setelah jalan tol Cijago di buka dan bergabung ke pemerintahan kota Depok yang juga semakin berkembang, banyaknya pengembang real estate di Cimanggis menggairahkan perekonomian lokal, yang sempat lesu karena menurunnya era kawasan industri di wilayah tersebut.

Kawan pemancar radio republik Indonesia akan segera berubah menjadi kawasan pendidikan Islam, yang juga merubah wajah Cimanggis di masa yang akan datang.
loading...

Artikel Terkait

Cimanggis Dahulu Dan Sekarang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email