KISAH KH M Yusuf Di Depok

Jalan KH M Yusuf Depok Dua

Jika anda Dari arah Depok 2 Sentosa Raya menuju Jalan Juanda anda akan melewati jalan yang baru di buka kira kira di tahun 2005an, namanya jalan KH M Yusuf, Jalan yang membelah perumahan pesona kahyangan. Jalan ini sangat vital karena memecah antrian di jalan Siliwangi menuju Margonda. Nama jalan di ambil dari nama tokoh agama dan pejuang zaman kolonial bernama KH M Yusuf, yang makamnya ada di sekitar pesona kahyangan Depok.


Berikut sedikit kisah mengenai KH M Yusuf atau lebih di kenal dengan kong Yusuf yang di ambil dari berbagai sumber .

Indonesia memiliki cukup situs bersejarah yang terletak di kota Depok Jawa Barat salah satunya adalah makam KH Muhammad Yusuf yang terletak di areal Masjid Jami KH Muhammad Yusuf di perumahan Pesona Khayangan Depok. 
Dia adalah KH Muhammad Yusuf yang dikenal dengan sebutan Kong Usup adalah pejuang dan sesepuh masyarakat betawi. Konon kabarnya Kong Usup juga termasuk penasihat spiritual dari Presiden pertama Ir Soekarno . 

Tak jarang dia dijemput oleh supir pribadi Soekarno, Muhammad Arif, Bahkan ada cerita ketika Bu Fatmawati melahirkan Guruh Soekarno, Kong Usup sedang berada di rumah Soekarno sebab saat itu sedang ada rapat perjuangan kemerdekaan Indonesia. Nama KH Muhammad Yusuf ini juga tak lepas dari perjuangannya melawan kolonial Belanda di Batavia .

Pada tahun 1941, Kong Usup, yang merupakan Ketua Umum Hisbullah, menyerang batalyon 10 lapangan Banteng yang merupakan markas Belanda di Batavia. Dalam penyerangan ini, dia dibantu Hisbullah, pimpinan KH Darif dari Klender. Saat itu dia orang yang dicari pihak Belanda.

Belanda akhirnya berhasil menyandera kedua orang tua Kong Usup, yaitu Kong Sanen dan Putri Kecil. Kong Usup pun menyerahkan diri kepada Belanda dengan syarat kedua orang tuanya dibebaskan. Dia pun sempat menjalani hukuman di Rutan Cipinang Jakarta sebagai tahanan politik kemerdekaan RI.

Itulah sekilas mengenai asal usul nama jalan KH M Yusuf yang berkelok dan harus hati hati karena biasanya ada banyak kendaraan yang putar balik atau menyebrang melintasi jalan yang ramai di siang hari tersebut.
loading...

Artikel Terkait

KISAH KH M Yusuf Di Depok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email